20 Oktober 2008

Mini Cake


Wah....... ini bener2 proyek yang bikin saya kurang tidur selama seminggu. Mini cake ini untuk ultah gereja dan saya harus buat sebanyak 325 buah. Weleh... weleh... mana sanggup? Kalau cuma mini cake dengan hiasan simple sih mungkin bisa, tapi ini mini cake yang harus dihias dan dipacking cantik. Sebenarnya sih udah tarik ulur terus sama ibu gembala, takut nggak sanggup untuk buat kue sebanyak itu. Setelah maju mundur, akhirnya saya terima juga "tantangan" ini he.. he.. he....

Perjuangan pertama, buat coklat hiasnya dulu, dibuat 10 hari sebelum hari H, abis 15 kilo lho cuma buat coklat pagernya aja, mana udara panas banget jadi coklat hias harus di simpen di kamar AC deh.

Perjuangan kedua, buat cakenya. Cake sudah mulai saya buat seminggu sebelum hari H, saya buat ukuran 30 x 30 cm. Cakenya sponge coklat, 3 lapis, tiap lapis disiram simple syrup + rhum dan dilapisi ganache. 1 loyang jadi 16 potong. Potongan cake yang sudah dilapisi dan dicover ganache saya tata di kardus dan simpan di freezer. Untung saya punya freezer yang lumayan gede, jadi muat deh.... Untuk buat cakenya aja perlu waktu 5 hari lho (Minggu-Kamis), maklum kan masih kerja kantoran juga.

Hari Jum'at nya mulai menghias cakenya, tapi nggak bisa terlalu banyak karena kapasitas kulkasku nggak besar, cuma dapat sekitar 30-40 aja.
Nah...... perjuangan paling berat hari Sabtunya, subuh jam 5 udah bangun terus mulai ngeluarin sebagian cake dari freezer (sekitar 120 an), didiemin dulu sekitar 1 jam supaya embunnya ilang. Ini asistenku lagi nata cakenya di meja.
Setelah itu mulai ngehias dibantuin kakak iparku dan asisten. Masukin kotak mika dan simpen di kamar AC. Kok ya ndilalah hari Sabtu ini kantorku ada pameran, jadi jam 08.30 dengan hati sangat... sangat... berat... harus keluar rumah untuk jaga pameran, tapi lumayan tenang juga ninggalin rumah karena kan sudah ada yang mbantuin. Selesai pameran, sekitar jam 1 an, jemput bala bantuan dulu baru balik rumah. Begitu buka pager dan mau parkir mobil asistenku langsung kasih laporan kalau cakenya pada lumer semua......*gubrak*.... langsung panik banget, begitu masuk rumah saya langsung stress..... lho kok cakenya masih banyak banget yang belum dihias???? Padahal prediksiku sepulang dari jaga pameran, 120 cake yang udah keluar freezer itu udah dihias semua dan tinggal di kasih pita aja, ternyata oh... ternyata...... Setelah menenangkan diri, tepatnya sih sok tenang supaya bala bantuan nggak ikut2an stress, saya dan dibantu 3 orang lainnya mulai menyelesaikan cake kloter pertama tadi, disusul dengan kloter kedua dst. Akhirnya jam 11 malam semua cake sudah selesai dihias. Tapi perjuangan belum selesai teman2...... kan belum dikasih pita?? Setelah bersih2, mulai deh pasang pita, ternyata lama juga ya masang pitanya, lha wong 325 kotak je..... Ini asisten dan kakak iparku lagi pasang pita

Udah jam 2 subuh nih... tapi baru dapat sekitar 200 an, ya udah tidur dulu aja lah, besok pagi disambung lagi. Pagi2 jam 6 bangun dan masang pita lagi, akhirnya jam 7.30 semua cake sudah cantik2 dan siap dikirim ke gereja. Ini penampakannya.
Pas nyampe gereja ibu gembala dan para pengerjanya seneng banget liat cakenya, karena pitanya kan warna warni jadi keliatan meriah..... aduh.... lega banget deh... nggak sia2 kerja lembur berhari2. Thanks God......

Oh iya... cake ini bisa terwujud berkat dukungan dan saran2 dari mbak Yanti Mocca. Mbak Yanti..... thanks banget ya........ Mbak Yanti ini yang ngasih tau aku gimana caranya nyimpen cake dalam freezer, gimana caranya supaya cake nggak terlalu banyak embunnya, gimana cara bikin ganachenya dll, pokoke sarannya top markotob deh.... sehingga saya jadi PD untuk terima proyek besar ini. Berkat saran mbak Yanti, rasa cakenya nggak berubah lho, masih fresh dan lembab, nggak kering sama sekali. Kata mbak Yanti hal ini juga yang dilakukan oleh hotel2 besar kalau lagi peak season.

1 lagi ya, soale udah paunjang buanget nih ceritanya, untuk buat 325 mini cake ini saya menghabiskan sekitar 2,5 peti telur, 35 kg Dark Chocolate, 2,5 kg White Chocolate, 10 kg gula, 6 kg margarine, 1 kg coklat bubuk, 1,5 lt rhum, 3,5 kg whipped cream bubuk, 1,5 kg unsalted butter, 2 kg cherry dll. Pas belanjaan dikirim ke rumah, saya sendiri bingung gimana caranya ngabisin bahan segitu banyak ya? Ternyata bisa abis juga tuh..... he.. he.. he....